Landasan Pemikiran

Islam Sebagai Manhaj dan Syariah:

“…Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang…. (QS. Al-Maidah: 48)

“Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama itu), maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.” (QS. Al-Jatsiyah: 18)

 

Al-Qur’an Sebagai Modal Utama Pendidikan:

“Tidak wajar bagi seseorang manusia yang Allah berikan kepadanya Al Kitab, hikmah dan kenabian, lalu dia berkata kepada manusia: “Hendaklah kamu menjadi penyembah-penyembahku bukan penyembah Allah.” Akan tetapi (dia berkata): “Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya.” (QS. Ali Imron: 79)

Dari Utsman r.a. bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya”. (HR. Bukhari)

 

Pendidikan yang sukses adalah pendidikan yang memadukan antara konsep dan kemampuan aplikasi (hikmah)

“Allah menganugerahkan Al Hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. dan Barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (QS. Al-Baqoroh: 269.)

“ Maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat) dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan Hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. dan kamilah yang melakukannya.” (QS. Al-Anbiya: 79)