Sejarah

Ma`had Aly ibnu abbas klaten didirikan pada tahun 2011, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga-tenaga pengajar pondok pesantren khususnya dalam bidang tahfidz al qur`an.

Pada tahun 2011, kami melaksanakan musyawarah untuk membentuk tim yang mengawali pembentukan Ma`had `Aly ibnu abbas klaten. Rencana awal Ma`had `Aly ibnu abbas klaten adalah bernama Sekolah Tinggi Pemikiran dan Peradaban Islam (STPPI) Ibnu Abbas klaten dengan konsentrasi pemikiran islam dan tahfidz 30 juz. Maka penyusunan kurikulumpun diarahkan ke arah ini. Dengan pendidikan setingkat sarjana (S1).

Alhamdulillah respon masyarakat luar biasa bagus, pada akhirnya kita membuka pendaftaran mahasiswa/wi baru, dengan pendaftar yang cukup banyak. Dan karena keterbatasan tempat, maka pihak Pondok Pesantren Tahfidzul Qur`an (PPTQ) Ibnu Abbas Klaten mengadakan seleksi. Penyelenggaraan seleksi ini cukup menguras tenaga panitia karena banyak peserta yang ikut.

Tahun kedua, yakni tahun 2012. Kami berusaha mengurus perijinan ke kopertai semarang, untuk mendapatkan legalisasi STPPI Ibnu Abbas Klaten. Pada saat proses pengajuan ke kopertasi nama Sekolah Tinggi Pemikiran dan Peradaban islam (STPPI) Ibnu Abbas Klaten olehb pihak kopertais agar diubah menjadi Sekolah Tinggi Islam Ibnu Abbas Klaten (STIA Ibnu Abbas Klaten), agar lebih mudah proses perijinannya, ketika akan diajukan ke dirjen pendais kemenag RI. Dan alhamdulillah kita mendapatkan rekomendasi untuk pendiriannya. Selanjutnya proposal kami kirim ke ke dirjen pendais kemenag RI, agar mendapatkan ijin pendirian sekolah tinggi. Qodarullah saat sedang ada moratorium pendirian perguruan tinggi islam di indonesia.

Tahun 2013, karena ijin pendirian STIA Ibnu Abbas Klaten tidak dapat dilanjutkan disebabkan sedang ada moratorium pendirian perguruan tinggi islam di indonesia. Maka kami selaku pengelola segera merumuskan kelanjutan perguruan tinggi ibnu abbas klaten. Arah kurikulum tahun 2013 diarahkan ke konsentrasi ushul fiqh, maka semua mata kuliah diubah untuk mendukung konsentrasi tersebut. Dan nama perguruan diubah dari Sekolah Tinggi Islam Ibnu Abbas Klaten (STIA Ibnu Abbas Klaten) menjadi Ma`had `Aly Ibnu Abbas Klaten. Kurikulum ini berjalan sampai tahun 2014.

Tahun 2015 pengelola membuka pendaftaran mahasis/wi baru. Alhamdulillah mendapat peserta didik yang cukup banyak. Pada tahun ini juga Ma`had Aly Ibnu Abbas klaten menfokuskan pendidikannya untuk mencetak muhafidz yang hafal 30 juz dengan mutqin, dengan lama pendidikan 2 tahun. Disamping fokus untuk tahfidz, diberikan juga materi-materi dirosat islamiyah. Untuk mendukung penguasaan akan hafalan yang bagus dan mutqin.