SMP IT

PROFIL SINGKAT

SMPIT IBNU ABBAS KLATEN

NAMA UNIT

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU IBNU ABBAS

(SMPIT IBNU ABBAS)

 

 SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA SMPIT IBNU ABBAS KLATEN

Berawal dari rasa tanggung jawab dan keinginan untuk ikut berpartisipasi aktif memajukan dakwah dan umat Islam di Kabupaten Klaten dan sekitarnya, maka atas prakarsa Dr. HM Mu’innudinillah Basri, MA., dr. Samad, SpA., dan Ustadz Nurwahid, serta beberapa pemrakarsa yang lain, atas izin Allah pada tanggal 22 Juli 2003 berdirilah Yayasan Ibnu Abbas Klaten yang bergerak di bidang social dan pendidikan. Atas bantuan WAMI dan wakaf tanah Ust. Muin, maka pada tahun pertama Yayasan Ibnu Abbas mendirikan masjid 2 lantai sebagai pusat kegiatan. Masjid inilah yang sampai sekarang dikenal dengan masjid Ibnu Abbas Klaten.

Kepengurusan yang semakin solid dan tuntutan dakwah yang semakin berkembang, mendorong pengurus yayasan merancang program pendidikan formal. Dimulai dengan mengadakan seminar nasional yang bertema pendidikan, pengajian akbar, serta beberapa kegiatan yang lain, maka atas izin Allah dan dukungan segenap jajaran tokoh pemerintah dan masyarakat Klaten, pada tanggal 18 Juni 2007 berdirilah SMPIT Ibnu Abbas Boarding School Plus. Plus yang dimaksudkan adalah program wajib Tahfidzul Qur’an bagi seluruh siswa.

Pada tahun ajaran 2007/2008, SMPIT Ibnu Abbas Boarding School Plus masing menerapkan sistem ganda yaitu full day school dan sistem boarding (siswa tinggal di asrama). Berdasarkan evaluasi efektivitas dan hasil pembelajaran selama satu tahun dan keinginan yang kuat dari para pengurus yayasan, maka mulai tahun pelajaran 2008/2009 diputuskan hanya menggunakan satu sistem yaitu sistem pondok pesantren. Semua siswa tanpa kecuali wajib tinggal di asrama. Mulai tahun inilah kerangka pendidikan sistem Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Ibnu Abbas mulai dimantapkan dengan program unggulan Tahfidzul Qur’an dengan tanpa mengabaikan program pendidikan formal SMPIT yang telah ada. Bahkan dalam proses kegiatan belajar-mengajar, semua program dirancang secara terpadu untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan oleh PPTQ Ibnu Abbas.

Pada kelanjutannya, SMPIT Ibnu Abbas merupakan Sekolah Menengah Pertama yang menggabungkan pembelajaran materi pelajaran SMP dengan pembelajaran Al-Qur’an. Selain itu, didukung dengan penyampaian materi pelajaran agama Islam yang menekankan pada penguasaan bahasa Arab dan menghafal Al-Qur’an. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2011 SMPIT Ibnu Abbas telah mendapatkan pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional dengan nilai A, sehingga mulai tahun pelajaran 2011/2012 sudah bisa menyelenggarakan ujian nasional secara mandiri dan tidak lagi menginduk di sekolah lain.

Sejak berdirinya SMPIT Ibnu Abbas telah menunjukkan berbagai prestasi dan mampu bersaing dengan sekolah lain. Hal ini terbukti dari prestasi akademik capaian hasil Ujian Nasional bisa masuk peringkat 3 besar di Kabupaten Klaten.

Untuk prestasi non akademik, pada tahun 2013 berhasil mengantarkan salah satu siswanya mendapatkan juara III pada MTQ tingkat SMP yang diselenggarakan Medan, Sumatera Utara atas nama ananda Iffah Munifah Zahroh Muna. Selain itu, pada tahun 2015 juga bisa meraih juara III cabang lomba MHQ yang diadakan oleh Kemenag RI melalui PENTAS PAIS tingkat nasional di Jakarta atas nama ananda Yasfi Suryalfihro.

KURIKULUM

Secara formal pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di SMPIT Ibnu Abbas Klaten menggunakan Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP) sesuai dengan arahan dari Dinas Pendidikan Kabupaten. Dalam praktiknya KTSP yang dilaksanakan disesuaikan dengan kurikulum pesantren sehingga asas keterpaduan bisa dijalankan dengan sebaik-baiknya.

 

  1. AGENDA KEGIATAN
  2. Kegiatan belajar mengajar

Senin – Jumat              : pukul 07.20 – 13.50 (8 jampel per hari)

Sabtu                           : pukul 07.20 – 08.40 (2 jampel)

Sabtu                           : ekstrakurikuler wajib dan pilihan

  1. Rapat Koordinasi Guru

Sabtu                           : dua pekan sekali (koordinasi menyeluruh semua guru)

Senin – Jumat              : rapat koordinasi tim/kepanitiaan (waktu fleksibel)

 

  1. JUMLAH SANTRI
ANGKATAN L P JML
I 19 14 33
II 41 32 73
III 56 51 107
IV 54 59 113
V 61 78 139
VI 49 58 107
VII 67 98 165

 

 

DATA SEBARAN ALUMNI

Sebaran alumni tidak bisa dilaporkan secara detail. Hanya secara singkat bisa dijelaskan sebagai berikut.

  1. Secara umum alumni SMPIT Ibnu Abbas semua melanjutkan jenjang pendidikan ke jenjang berikutnya. Yang berminat melanjutkan ke SMA negeri memang tidak begitu banyak, karena pertimbangan ingin menambah jumlah hafalan Al-qur’an yang sudah dimiliki dan menjaga pergaulan maka lebih banyak persen alumni yang melanjutkan ke berbagai sekolah yang ada program boarding/pesantren, di antaranya:
  2. SMAIT Ibnu Abbas Klaten
  3. SMAIT Ihsanul Fikri Magelang
  4. SMAIT Nur Hidayah Surakarta
  5. MA Isy Karima Karanganyar
  6. MAPK Surakarta
  7. SMAIT Nurul Islam Ungaran
  8. Ponpes Gontor
  9. Ponpen Al Amin Madura
  10. SMAIT Asy Syifa Boarding School Subang