Menguatkan Ketahanan Internal

0
389

Menguatkan Ketahanan Internal

Taushiyah Ust. Muin
Rabu,21 Februar 2018

 

Apa yang dibaca oleh Ust Ahmad adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita renungi bersma, yang mengisyaratkan bahwa sunnah Allah akan berlaku untuk semua, baik orang kafir maupun orang Islam.

سَبَّحَ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (١)هُوَ الَّذِي أَخْرَجَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ مِنْ دِيَارِهِمْ لأوَّلِ الْحَشْرِ مَا ظَنَنْتُمْ أَنْ يَخْرُجُوا وَظَنُّوا أَنَّهُمْ مَانِعَتُهُمْ حُصُونُهُمْ مِنَ اللَّهِ فَأَتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ حَيْثُ لَمْ يَحْتَسِبُوا وَقَذَفَ فِي قُلُوبِهِمُ الرُّعْبَ يُخْرِبُونَ بُيُوتَهُمْ بِأَيْدِيهِمْ وَأَيْدِي الْمُؤْمِنِينَ فَاعْتَبِرُوا يَا أُولِي الأبْصَارِ (٢)

1. telah bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan bumi; dan Dialah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
2. Dia-lah yang mengeluarkan orang-orang kafir di antara ahli kitab dari kampung-kampung mereka pada saat pengusiran yang pertama. kamu tidak menyangka, bahwa mereka akan keluar dan merekapun yakin, bahwa benteng-benteng mereka dapat mempertahankan mereka dari (siksa) Allah; Maka Allah mendatangkan kepada mereka (hukuman) dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. dan Allah melemparkan ketakutan dalam hati mereka; mereka memusnahkan rumah-rumah mereka dengan tangan mereka sendiri dan tangan orang-orang mukmin. Maka ambillah (Kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, Hai orang-orang yang mempunyai wawasan.

QS. Al Hasyr 1-2

Dialah Allah yang mengusir orang orang kafir dari ahli kitab, di awal pengusiran. Kalian tidak menyangka kalau orang kafir bisa keluar.
Ketika Bani Nadhir berkhianat kepada rasul, lalu rasul menyerang mereka, mereka merasa benteng mereka kuat. Tapi kalau allah berkhendak maka gampang saja menghancurkannya.

Yukhribuuna buyuutahum bi aydiihim . Mereka hancurkan rumah mereka dengan tangan-tangan mereka sendiri.

Allah bisa saja menghancurkan suatu kaum dari arah yang tidak mereka sangka-sangka. Allah hancurkan dari dalam mereka sendiri.

Engkau melihat mereka bersatu tapi hati mereka bercerai berai.

Kapan kita menentang hukum Allah maka kita akan hancur dari dalam, sebagaimana orang yahudi yang Allah hancurkan.

Ketahanan internal dalam persatuan dan kasih sayang serta membentuk konsistensi terhadap Islam harus diupayakan.

Kemenangan dicapai oleh kaum muslimin selama mereka berada di jalan yang benar. Allahlah yang menghancurkan orang orang kafir.

 

وَمَا أَفَاءَ اللَّهُ عَلَى رَسُولِهِ مِنْهُمْ فَمَا أَوْجَفْتُمْ عَلَيْهِ مِنْ خَيْلٍ وَلا رِكَابٍ وَلَكِنَّ اللَّهَ يُسَلِّطُ رُسُلَهُ عَلَى مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (٦)

6. dan apa saja harta rampasan (fai) yang diberikan Allah kepada RasulNya (dari harta benda) mereka, Maka untuk mendapatkan itu kamu tidak mengerahkan seekor kudapun dan (tidak pula) seekor untapun, tetapi Allah yang memberikan kekuasaan kepada RasulNya terhadap apa saja yang dikehendakiNya. dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu

QS. Al Hasyr: 6

Inilah Filosofi Fai. Ketika ada sekolompk orang kafir yang sebelum diserang mereka sudah ketakutan sehingga diambil oleh kaum muslimin sebelum berperang.
Allah bisa saja memberikan kemenangan dan gak perlu perang. Biarlah mereka yang membangun, tetapi yang memanfaatkannya adalah kaum muslimin. Ini banyak terjadi pada zaman nabi.

Kita perlu berperangan sebagai instrumen kemuliaan kita.

قَاتِلُوهُمْ يُعَذِّبْهُمُ اللَّهُ بِأَيْدِيكُمْ وَيُخْزِهِمْ وَيَنْصُرْكُمْ عَلَيْهِمْ وَيَشْفِ صُدُورَ قَوْمٍ مُؤْمِنِينَ (١٤)وَيُذْهِبْ غَيْظَ قُلُوبِهِمْ وَيَتُوبُ اللَّهُ عَلَى مَنْ يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلِيمٌ حَكِيمٌ (١٥)

14. perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman.
15. dan menghilangkan panas hati orang-orang mukmin. dan Allah menerima taubat orang yang dikehendakiNya. Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.

QS. At-Taubah:14-15

Untuk itu, kesiapan diri bahwa suatu saat ada benturan, itu penting. Konsolidasi kita harus kita bangun dengan kuat, begitu juga kewaspadaan.

Umar bin Khattab berkata bahwa yang aku takuti bukan musuh kalian, tapi dosa dosa kalian dan keteledoran kalian dalam beribadah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here