Besok, SMP Al Izzah Malang Bakal Studi Banding Di PPTQ Ibnu Abbas Klaten.

0
466
Kegiatan SMP Al Izzah Malang. Sumber: Istimewa

Klaten—Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an (PPTQ) Ibnu Abbas Klaten akan kembali kedatangan tamu untuk studi banding, kali ini dari Sekolah Menenga Pertama (SMP) Al Izzah Malang, Jawa Timur, Ahad-Selasa, (25-27/3/2018).

“Sebenarnya mereka menghubungi kami sejak Desember tahun lalu, namun baru bulan ini bisa terlaksana,” kata Sekretaris PPTQ Ibnu Abbas Katen, Ustaz Umarulfaruq Abubakar, Lc., M.H.I., Sabtu, (24/3/2018).

Menurut Ustaz Umar, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa studi banding dari SMP Al Izzah fokus mengenai manajemen tahfiz Qur’an. Kali ini, kata dia, berbeda dengan studi banding sekolah-sekolah sebelumya. Sebab, dari SMP Al Izzah akan menginap selama 2 hari 2 malam.

“Kami sudah sering menjadi tempat studi banding dan sebagian besar mengenai kegiatan tahfiz. Kalau sebelumnya tidak ada yang menginap seperti ini, ” ujarnya.

Lebih lanjut, imbuh dia, rombongan dari SMP Al Izzah tersebut sebanyak 36 santriwati dan 8 pendamping. Mereka akan semua mengamati kegiatan ketahfidzan santri putri PPTQ Ibnu Abbas.

“Kegiatan utamanya nanti halaqah tahfiz, tahsin, dan seminar tentang tahfidz Alquran,” terangnya.

Uztaz Umar menyampaikan untuk halaqah tahfiz dan tahsin, mereka akan membaur dengan santriwati Ibnu Abbas. Selain itu, untuk menambah kemantapan maka ada program kelas khusus tahfiz bagi mereka.

Pihaknya menambahkan, saat ini berbagai persiapan sudah dilakukan mulai penjadwalan, program, akomodasi dan transportasi. Unit yang berperan penting dalam kegiatan ini ialah ketahfidzan, kesantrian dan penunjang pendidikan serta tim dapur yang mengurusi konsumsi.

“Semoga kami bisa memberikan pelayanan yang terbaik. Dan dapat  menumbuhkan semangat santri dan pembinaan hafalan Alquran bagi guru. Sehingga, mereka bisa mendapatkan yang diinginkan di Ibnu Abbas walaupun belum maksimal,” pungkasnya. (RK)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here