Daurah Ilmu Falak, PPTQ Ibnu Abbas Datangkan Fisikawan UGM

0
222
Dr Eng Rinto Anugraha, S.Si, M.Si., (kiri) dalam acara daurah ilmu falak, di Masjid Ibnu Abbas Klaten, Rabu, (11/4/2018)

Klaten—PPTQ Ibnu Abbas menghadirkan fisikawan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Dr Eng Rinto Anugraha, S.Si, M.Si., dalam acara daurah ilmu falak, di Masjid Ibnu Abbas Klaten, Rabu, (11/4/2018).

“Tujuannya agar santri memahami bahwa beragama yang baik perlu ilmu,” ujar Sekretaris PPTQ Ibnu Abbas Klaten, Ustaz Umarulfaruq Abubakar, Lc., M.H.I.

Menurutnya, Dr Rinto ini selain memang memiliki keahlian di bidang ilmu falak juga salah satu wali santri. Artinya, beliau (Dr Rinto) ini memiliki kedekatan emosional dengan Ibnu Abbas.

“Sebenarnya beliau (Dr Rinto) sudah lama ingin mengisi di Ibnu Abbas. Beliau kan dosen, mungkin sangat sibuk, jadi baru kali ini bisa datang,” ujarnya.

Santri putri PPTQ Ibnu Abbas dalam daurah ilmu falak, di Masjid Ibnu Abbas Klaten, Rabu, (11/4/2018)

Peserta daruah ini, santri PPTQ Ibnu Abbas kelas 10 dan 11 baik putra maupun putri. Mereka dikenalkan mengenai seluk-beluk ilmu falak hingga praktek menentukan waktu shalat.

“Waktunya memang sangat singkat. Padahal ilmu falak kalau di perguruan tinggi paling tidak dipelajari selama 1 semester,” terang Ustaz Umar.

Santri putra PPTQ Ibnu Abbas dalam daurah ilmu falak, di Masjid Ibnu Abbas Klaten, Rabu, (11/4/2018)

Menurut Ustaz Umar, beliau tidak hanya membagikan ilmu yang dimilikinya namun juga memberi bantuan 1 buah Teleskop. Jadi, imbuh Ustaz Umar, melalui bantuan tersebut santri bisa menggunakan dalam mempelajari lebih lanjut tentang ilmu falak.

“Pasca ini kita akan undang kepala Kepala Observatorium CASA PPMI Assalaam AR Sugeng Riyadi untuk memberikan materi mengenai penggunaan teleskop,” tandas Ustaz Umar.(RK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here