Wakili Klaten, Dua Santri SMPIT Ibnu Abbas Bakal Maju OSN Tingkat Provinsi

0
849
Dua santri SMPIT Ibnu Abbas Klaten bersama dua guru pendamping setelah penerimaan piala penghargaan OSN tingkat Kabupaten Klaten 2018.

Klaten—Dua Santri SMPIT Ibnu Abbas Klaten bakal mewakili Kabupaten Klaten  di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2018, di Solo, Sabtu 21 April 2018 mendatang.

OSN merupakan kompetisi ilmu pengetahuan tahunan sebagai program Kemendikbud RI. Pelaksanaan OSN secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga nasional. Siswa yang lolos di nasional akan diikutkan ke olimpiade tingkat internasional.

“Alhamdulilllah dua santri kami mewakili Klaten untuk ajang OSN tingkat provinsi,” kata Guru Mata Pelajaran (Mapel) IPS SMPIT Ibnu Abbas Klaten, Ustazah Rina Widyaningsih, Jumat, (13/4/2018)

Dua santri SMPIT Ibnu Abbas Klaten bersama siswa lain penerima piala penghargaan OSN tingkat Kabupaten Klaten 2018.

Kedua santri tersebut ialah Pijar Sahistya Mahiswara, juara 1 Mapel IPS dan Muhammad Yahya Abdurrohman, juara 2 Mapel Matematika. Mereka mengikuti seleksi OSN tingkat Kabupaten Klaten yang diselengarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, di SMA Muhammadiyah1 Klaten,  Sabtu, (24/3).

Pengumuman kelolosan oleh Dinas Pendidika Kabupaten Klaten pada  27 Maret 2018. Kemudian mereka menerima piagam penghargaan pada 9 April 2018.

Upacara penerimaan piala penghargaan OSN tingkat Kabupaten Klaten 2018.

Dikatakan, sebelum pelaksanaan OSN tingkat kabupaten, mereka diseleksi oleh tim internal Ibnu Abbas. Kemudian, dipilih berdasarkan peminatan dan nilai raport. Mereka juga diberikan pembinaan khusus selama dua pekan.

“Kami sampaikan materi-materi OSN tingkat kabupaten dan provinsi tahun sebelumnya. Selain itu juga diikutkan ajang perlombaan,” ujarnya.

Ustazah Rina juga memberikan tips agar mereka membangun mental petarung dalam meraih kemenangan dengan kesungguhan. Untuk itu, sikap yang perlu dimiliki ialah percaya diri, tidak sombong/meremehkan perserta lain, mampu membaca situasi dan bertawakal.

Sementara itu, Guru Mapel Matematika SMPIT Ibnu Abbas Klaten, Ikha Rahmawati, menyampaikan, melalui kompitisi tersebut, santri mendapatkan ilmu lebih dan pengalaman baru. Menurutnya, apapun hasilnya nanti insya Allah  itu yang terbaik.

“Terlebih, mereka masih duduk di kelas 7, sedangkan peserta lain kebanyakan kelas 8. Ini juga bisa menjadi bekal untuk maju OSN di tahun depan,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam persiapan menuju OSN tingkat Provinasi kedua santri tersebut fokus mengikuti bimbingan intensif selama 2 pekan. Adapun bimbingannya di SMPN 2 Klaten, Pukul 08.00-12.30 WIB,  9-20 April 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here