Lailatul Wada Sarana Kuatkan Ukhuwah Santri antar Angkatan

0
473
Foto bersama usai santri saat pelaksanaan lailatul wada di PPTQ Ibnu Abbas Klaten Putra, Jumat, (11/5/2018).

Klaten—Kekuatan ukhuwah santri antar angkatan PPTQ Ibnu Abbas Klaten tersimbol melalui pelaksanaan lailatul wada (malam perpisahan) yang rutin diadakan tiap tahun.

Acara ini sebagai sarana perspisahan santri kelas 9 dan kelas 12 dengan adik kelasnya. Di pondok putra dilaksanakan pada Jumat, (11/5/2018) malam. Kemudian di pondok Putri untuk kelas 12 terselenggara pada Sabtu (12/5/2018) dan kelas 9 pada Ahad (13/5/2018), malam.

“Semua kegiatannya dikelola oleh santri sendiri,” ujar Kepala Unit Kesantrian Putri, Ana Urfiayanti, S.Kom.I, M.P.I.

Dikatakan, untuk yang di putri semua pelaksanaan kegiatan dari awal persiapan di kelola oleh adik kelas atau Organisasi Santri Ibnu Abbas (OSIA).  Menurutnya,  acaranya ada berbagai penampilan seni dari adik kelas. Selain itu, setiap angkatan memberikan ucapan kata pisah bagi adik kelas, begitupun sebaliknya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan tersebut terjalin ukhuwah yang kuat. Bagi tingkat SMP yang melanjutkan SMA di pondok bisa menjadi wadah kebersama. Dan bagi yang meneruskan ke SMA yang memberikan kenangan yang indah.

“Semoga mereka yang meneruskan di pondok maupun yang diluar tetap diberikan keistikamahan dalam menjaga hafalan Al-Qur’an,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Unit Kesantrian Putra, Wulan Pintoko, B.Ed, menyampaikan, kalau di pondok putra acara ini dipersiapan sepenuhnya oleh santri yang lulus, yakni kelas 9 dan kelas 12. Tidak jauh beda dengan yang di putri, acara lailatul wada di putra juga menampilkan berbagai kesenian.

“Kalau di putra acara ini dibimbing dan dibersamai oleh Ustaz Nanda Kusuma Putra,” terangnya.

Menurutnya, acara tersebut sebagai sarana untuk melatih dan mengembangkan kreativitas para santri. Ustaz Wulan juga berharap semoga ukhuwah mereka tetap terjalin baik antara santri yang masih di pondok maupun yang sudah lulus.(RK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here